Rabu, 29 Februari 2012

Makanan Anti Jerawat?

Well,jerawat merupakan salah satu "musuh" bagi para wanita,namun umumnya menyerang berbagai kalangan mulai dari pria,wanita,dan remaja. Pada umumnya,jerawat menyerang para remaja,hal ini dikarenakan hormon pada usia remaja masih belum stabil sehingga hal itu menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya jerawat. Dalam sisi lain,jerawat juga bisa timbul akibat kurangnya kesadaran akan kebersihan pada wajah. Penggunaan make up,debu jalanan,stress dan makanan tertentu dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Tetapi ada juga makanan yang bisa menjaga keindahan kulit sekaligus menaklukan "musuh" kulit ini. Hal ini dipengaruhi oleh faktor kandungan yang ada di dalam makanan-makanan tersebut. Di bawah ini akan dibahas secara detail makanan apa saja yang dapat mencegah jerawat.

1.   Tiram,daging unggas dan ikan.
Menurut para ahli,asupan Zinc (Seng) yang cukup dalam setiap menu makanan dapat membantu mengerem pertumbuhan jerawat. Hal ini mungkin disebabkan karena sifat dari seng yang membantu mengendalikan pelepasan hormon. Selain itu,seng juga membantu tubuh dalam menyerap vitamin A dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan kulit.

2.   Kentang,wortel,melon atau paprika.
Beta-karoten banyak ditemukan pada buah dan sayuran yang memiliki warna orange dan kuning. Zat beta-karoten ini mempunyai fungsi untuk mengkonversi vitamin A di dalam tubuh dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan selenium (senyawa yang baik untuk kulit).

3.   Jeruk,tomat,atau kiwi.
Makanan yang kaya akan vitamin C tidak memiliki fungsi sebagai penyembuh jerawat. Tetapi vitamin ini memperkuat dinding sel sekaligus melindungi kulit dari jaringan parut yang dapat menyebabkan noda. Kandungan bioflavanoid pada jeruk juga dapat bertindak sebagai anti peradangan alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Makanan-makanan lain yang berfungsi sebagai anti jerawat adalah salmon,sumber-sumber omega-3,almond,telur ataupun sayuran berdaun hijau. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat :)

Note : Kutipan dari salah satu artikel,tapi lupa linknya hehehe


2 komentar:

  1. Bermanfaat nih, jdinya mesti sering2 makan makann itu dong yah :) :) salam kenal auva marwah :)

    BalasHapus